1. Jelaskan rencana usaha yang ingin anda bangun serta jelaskan pemilihan usaha tersebut!
Rencana usaha yang ingin saya buat adalah menjual kebutuhan pokok yaitu pakian, misalkan baju, celana, jaket dll baik untuk perempuan maupun laki-laki. Dalam usaha tersebut Alhamdulillah saya sudah menjalankan meskipun dengan saya menjadi reseller dari suplier saya. Bahkan saya sudah mulai menyetok barang meskipun masih terbatas.
Rencana usaha yang ingin saya buat adalah menjual kebutuhan pokok yaitu pakian, misalkan baju, celana, jaket dll baik untuk perempuan maupun laki-laki. Dalam usaha tersebut Alhamdulillah saya sudah menjalankan meskipun dengan saya menjadi reseller dari suplier saya. Bahkan saya sudah mulai menyetok barang meskipun masih terbatas.
Pada awalnya saya sering melihat banyaknya online shop, nah dari situ saya sempat berencana membuat online shop juga yang benar-benar aman untuk pembeli. Akhirnya saya mencoba mencari suplier di internet maupun di sosmed. Dalam usaha ini saya tidak menargetkan berapa laba yang ingin saya peroleh, karena saya hobi menggunakan sosmed dan ingin mengisi waktu luang kuliah yang positif dan juga menghasilkan tanpa menggunakan modal. Dan Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan.
Rencana selanjutnya dalam usaha ini saya ingin membuka outlet dengan nama toko yang selama ini saya jalankan dan juga dapat menghasilkan prodek sendiri. mengapa saya memilih usaha tersebut karena, pakaian adahan kebutuhan yang akan terus dibutuhkan oleh customer, bukan hanya harga yang murah tetapi tetap dengan kualitas yang tidak murahan.
2. Apakah dalam pemasaran produk/jasa yang anda miliki anda membuat segmentasi pasar? jika tidak mengapa? jika iya tolong jelaskan anda membuat segmentasi pasar tersebut berdasarkan apa?
Iya, segmentasi pasar yang saya buat berdasarkan segmentasi demografis yaitu karakteristik demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar adalah usia dan gender. Demografis membantu menemukan pasar target atau sasaran. Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data demografis lebih mudah diukur daripada berbagai variabel segmentasi lain. Berbagai variabel denografis mengungkapkan kecenderungan yang memberikan isyarat berbagai peluang bisnis, seperti pergeseran usia, jenis kelamin, dan distribusi penghasilan.
- produk cocok untuk digunakan pada remaja putra dan putri untuk memasarkan produk fashion, maka saya akan memiliki calon pelanggan yang cukup jelas sehingga bisa mengoptimalkan kualitas produk sesuai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
- membidik target pasar yang dikenali. harus mengenali pangsa pasar yang akan dibidik, dengan begitu, akan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dilapangan.
- utamakan target pasar yang terjangkau. Meskipun sekarang ini peran internet cukup memudahkan pelaku usaha untuk menembus jarak dan waktu dengan cara yang terbilang mudah dan juga murah. Namun sebaiknya Anda mengutamakan target pasar yang mudah dijangkau (lokal) sebelum akhirnya melakukan ekspansi ke pasar nasional maupun internasional yang jangkauan pasarnya lebih luas.
Dalam memasarkan produk yang saya miliki, saya menggunakan promosi dengan memanfaatkan beberapa sosial media seperti: BBM, twitter, facebook dan sosmed lainnya, juga dengan mlut ke mulut mulai dengan menewarkan produk kepada rekan terdekat.
0 komentar:
Post a Comment