Pages

Monday, 21 October 2013

Laporan Analisis Perancangan Sistem Perpustakaan

Untuk laporan perancangan sistem saya membuat Data Flow Diagram yang biasa disebut DFD, berikut DFDnya:

Data Flow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram ini terdiri dari beberapa level 
Yang pertama adalah DFD level 1 yang berisi tentang alur data secara umum dari sistem basis data perpustakaan ini. Berikut ini tampilan diagram konteks pada sistem basis data perpustakaan ini.

Untuk lebih memperjelas alur antar entity, maka dibuatlah DFD level 1 yang menjelaskan alur data jika terjadi suatu transaksi. Berikut ini ini DFD level 1 dari sistem basis data perpustakaan




Sistem informasi perpustakaan terdiri dari 5 proses, yaitu:
1.  Manajemen Data Petugas
Pada proses ini petugas akan menuliskan detail dari data petugas dan disimpan dalam tabel pegawai. Apabila berhasil maka basis data akan menghasilkan status simpan ke dalam proses manajemen petugas. Oleh sistem, status datanya akan dikirim ke petugas
2.  Manajemen Data Buku
Pada proses ini petugas akan menuliskan detail dari data buku dan disimpan dalam tabel buku. Apabila berhasil maka basis data akan menghasilkan status simpan ke dalam proses manajemen buku. Oleh sistem, status datanya akan dikirim ke petugas.
3.  Manajemen Data Anggota
Pada proses ini petugas akan menuliskan detail dari data anggota dan disimpan dalam tabel anggota. Apabila berhasil maka basis data akan menghasilkan status simpan ke dalam proses manajemen anggota. Oleh sistem, status datanya akan dikirim ke petugas.
4.  Manajemen Data Koleksi
Pada proses ini petugas akan menuliskan detail dari data koleksi dan disimpan dalam tabel koleksi. Apabila berhasil maka basis data akan menghasilkan status simpan ke dalam proses manajemen koleksi. Oleh sistem, status datanya akan dikirim ke petugas.
5.  Manajemen Data Peminjaman
Pada proses ini petugas akan menuliskan detail dari data peminjaman dan disimpan dalam tabel peminjaman. Apabila berhasil maka basis  data akan menghasilkan status simpan ke dalam proses manajemen peminjaman. Oleh sistem, status datanya akan dikirim ke petugas.
6.  Manajemen Data Pengembalian
Pada proses ini petugas akan menuliskan detail dari data pengembalian dan disimpan dalam tabel peminjaman. Apabila berhasil maka basis data akan menghasilkan status kembali ke dalam proses manajemen peminjaman. Oleh sistem, status datanya akan dikirim ke petugas.

DFD Level 2 (Untuk proses data Petugas)


Di dalam manajemen data petugas ada 4 macam (input, ubah, hapus, lihat/cari).
Pada proses input data, petugas memasukkan data petugas (NIP, Nama, Alamat, Jenis Kelamin). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel petugas. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 1.1 dan selanjutnya status input data akan dikirim ke petugas.
Pada proses ubah data, petugas memasukkan data petugas (NIP, Nama, Alamat, Jenis Kelamin). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel petugas. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 1.2 dan selanjutnya status ubah data akan dikirim ke petugas.
Pada proses hapus data, petugas memasukkan data petugas (NIP, Nama, Alamat, Jenis Kelamin). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel petugas. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 1.3 dan selanjutnya status hapus data akan dikirim ke petugas.
Pada proses lihat/cari data, petugas memasukkan sebagian data petugas (NIP, Nama). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel petugas. Apabila berhasil, data petugas (NIP, Nama, Alamat, Jenis Kelamin) akan terkirim ke proses 1.4 dan selanjutnya data petugas tersebut akan dikirim ke petugas.

 DFD Level  2 (Untuk Proses Data Buku)


Di dalam manajemen data buku ada 4 macam (input, ubah, hapus, lihat/cari).
Pada proses input data, petugas memasukkan data buku(kode_buku, judul_buku, pengarang, kode_penerbit). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel buku. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 2.1 dan selanjutnya status input data akan dikirim ke petugas.
Pada proses ubah data, petugas memasukkan data buku(kode_buku, judul_buku, pengarang, kode_penerbit). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel buku. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 2.2 dan selanjutnya status perubahan data akan dikirim ke petugas.
Pada proses hapus data, petugas memasukkan data buku (kode_buku,  judul_buku, pengarang, kode_penerbit). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel buku. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 2.3 dan selanjutnya status perubahan data akan dikirim ke petugas.
Pada proses lihat/cari data, petugas memasukkan sebagian data Buku (judul_buku, pengarang). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel buku. Apabila berhasil, semua data buku (kode_buku, judul_buku, pengarang, kode_penerbit) akan terkirim ke proses 2.4 dan selanjutnya data buku tersebut akan dikirim ke petugas.


DFD Level 2 (Untuk Proses Data Anggota)



Di dalam manajemen data Anggota ada 4 macam (input, ubah, hapus, lihat/cari).
Pada proses input data, petugas memasukkan data anggota(NIM, nama, alamat, telepon, password). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel anggota. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 3.1 dan selanjutnya status input data akan dikirim ke petugas.
Pada proses ubah data, petugas memasukkan data anggota (NIM, nama, alamat, telepon, password). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel anggota. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 3.2 dan selanjutnya status perubahan data akan dikirim ke petugas.
Pada proses hapus data, petugas memasukkan data anggota (NIM, nama, alamat, telepon, password). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel anggota. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 3.3 dan selanjutnya status perubahan data akan dikirim ke petugas.
Pada proses lihat/cari data, petugas memasukkan sebagian data Anggota (NIM, nama). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel anggota. Apabila berhasil, semua data anggota (NIM, nama, alamat, telepon, password) akan terkirim ke proses 3.4 dan selanjutnya data anggota tersebut akan dikirim ke petugas.

DFD Level 2 (Untuk Proses Data Koleksi)


Berbeda dengan ketiga sistem di atas, di dalam manajemen data Anggota ada 3 macam (input, ubah, lihat/cari).
Pada proses input data, petugas memasukkan data koleksi (no_seri, judul_buku, tanggal_masuk). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel koleksi. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 4.1 dan selanjutnya status input data akan dikirim ke petugas.
Pada proses hapus data, petugas memasukkan data koleksi (no_seri, judul_buku, tanggal_masuk). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel koleksi. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 4.2 dan selanjutnya status hapus  data akan dikirim ke petugas.
Pada proses lihat/cari data, petugas memasukkan sebagian data data koleksi (no_seri, judul_buku). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel anggota. Apabila berhasil, semua data data koleksi (no_seri, judul_buku, tanggal_masuk) akan terkirim ke proses 4.3 dan selanjutnya data anggota tersebut akan dikirim ke petugas.

DFD Level 2 (Untuk Proses Data Peminjaman)


Di dalam manajemen data peminjaman ada 3 macam (input, ubah, lihat/cari).
Pada proses input data, petugas memasukkan data peminjaman (no_seri, nim, nip, tanggal kembali). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel peminjaman. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 5.1 dan selanjutnya status input data akan dikirim ke petugas.
Pada proses hapus data, petugas memasukkan data peminjaman (no_seri, nim, nip, tanggal kembali). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel peminjaman. Apabila berhasil, data akan terkirim ke proses 5.2 dan selanjutnya status hapus  data akan dikirim ke petugas.
Pada proses lihat/cari data, petugas memasukkan sebagian data peminjaman (no_seri). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam tabel peminjaman. Apabila berhasil, semua data data peminjaman (no_seri, nim, nip, tanggal harus kembali) akan terkirim ke proses 4.3 dan selanjutnya data peminjaman tersebut akan dikirim ke petugas.

DFD Level 2 (Untuk pengembalian)


Di dalam manajemen data pengembalian hanya ada satu macam, yaitu proses input pengembalian saja.
Pada proses input ini, petugas memasukkan sebagian data pengembalian (nomor_seri). Oleh sistem, data tersebut disimpan ke dalam  tabel peminjaman. Apabila berhasil, data peminjaman (nomor_seri, NIM, NIP, tanggal kembali, tanggal harus kembali dan denda) akan terkirim ke proses 5.1 dan selanjutnya data tersebut akan dikirim ke petugas.

Demikian perancangan sistem perpustakaan yang akan saya buat, selanjutnya saya membuat perancangan data basenya pada postingan selanjutnya ya.. :)

0 komentar:

Post a Comment